JAMAN EDAN

Sebuah pandangan jaman yang dikemukakan oleh sastrawan dari jaman ke jaman. Efek menjadi sumber inspirasi dan menginspirasi karya lain memang sering terjadi di dalam penulisan naskah-naskah Jawa.

Seperti “samita Jaman Edan” atau “jangka Jaman” yang sering dibahas di kalangan masyarakat Jawa baik akademisi maupun masyarakat umum. Barangkali pemaknaan sasmita jaman edan palin populer adalah Karya Raden Ngabehi Ranggawarsita, dalam serat Kalatidha.

// Amenangi jaman edan, ewuh aya ing pambudi…
… Ndilalah karsa Allah,Begja-begjane kang lali
Luwih begja kang eling lawan waspada//

Sepenggal bait itu memang luar biasa maknannya, memenangkan jaman edan juga harus menggunakan akal budi. Dimana ketika keluhuran itu dijunjung maka kebaikanlah yang akan di dapat.

Ada beberapa naskah yang berbicara hal serupa, apakah memang saling mempengaruhi atau memang kesalahan penyalinan atau memang sebuah kratifitas. Berikut adalah Transformasi Teks sasmita jaman edan dari jaman ke Jaman.

 

Tahun 1814 Masehi.
dalam Serat Centhini karya Sinuwun Paku Buwono V
Pupuh 257 [tembang Pocung], bait 41-43

41. Nawung kridha kang mênangi jaman gêmblung / iya jaman edan / ewuh aya ing pambudi / yèn mèluwa edan yêkti nora tahan //

42. Yèn tan mèlu anglakoni wus tartamtu / boya kadumanan / melik kalling donya iki / satêmahe kalirên wêkasanira //

43. Wus dilalah karsane kang Among tuwuh / kang lali kabêgjan / ananging sayêktinèki / luwih bêgja kang eling lawan waspada //

Transleterasi :

[ Sikap orang yang akan memenangkan Jaman Edan, serba sulit dan merepotkan kalu mau ikut ‘arus’ tak sampai hati , kalau ikut menjadi ‘gila’ tidak tahan, apabila tidak ikut-ikutan ‘gila’ pastinya akan iri dengan kekayaan orang lain hingga akhirnya kelaparan, Sudah menjadi kodrat yang “ Maha Pelindung” , para ‘pelupa’ tentu mendapat keberuntungan, tapi lebih beruntung yang takwa dan waspada ]

 

 Tahun 1860 Masehi,

Serat Kalatidha karya Raden Ngabehi Ranggawarsita

Pupuh I [tembang Sinom] , bait 7

 

//Amenangi jaman edan/

Ewuh aya ing pambudi/

Milu edan nora tahan/

Yen tan milu anglakoni/

Boya kaduman melik/

Kaliren wekasanipun/

Ndilalah karsa Allah/

Begja-begjane kang lali/

Luwih begja kang eling lawan waspada//

 

Transleterasi :

[ memenangkan Jaman edan, Serba canggung dalam berpikir, Ikut ‘Gila’ tidak tahan, Kalau tidak ikut, tidak kebagian akhirnya ingin dan iri, kelaparan pada akhirnya, Sudah kodrat Allah, seberuntungnya yang lupa, lebih beruntung orang yang takwa dan waspada]

 

Tahun 1900 Masehi,

Serat Kalabrastha karya ki Mangun Atmaja, [tembang sinom]

//Kapungkure jaman edan/

nora ewuh ing pambudi/

edana mangsa tahana/

mitenah bangsa pribadi/

nadyan darbeni melik/

kawarana nora keguh/

dilalah kersa allah/

begjane ingkang kawuri/

amenangi waluyane tanah jawa//

 

Transleterasi :

[ Di masa akhir Jaman Edan, sudah tidak ada rasa canggung lagi, walaupun ‘gila’ tetapi tetap bertahan, memfitnah bangsa sendiri, walaupun mempunyai rasa keinginan akan barang orang lain, tetapi tetap teguh pada pendirian (buruk), sudah seperti kodrati, beruntunglah orang yang ‘terbelakang’ budi pekertinya, karena yang demikian akan menjadi orang kaya di tanah Jawa]

 

Era kemerdekaan, 1990, anonim, [tembang Sinom]

//amenang ing jaman edan/
ewuh apa ing pambudi/
melu edan saya tahan/
yen tan melu anglakoni/
baya keduman ‘melik’
(sisik melik)/
kamukten wekasanipun/
delalah kersane Allah begja-begjane kang lali/
luwih begja wong ngedan ora konangan//

 

Transleterasi :

[ menang di jaman edan, buat apa memakai budi pakarti, ikut ‘gila’ semakin tahan, kalau tak ikut melakukan, buaya (simbol penguasa yang rakus) yang kebagian informasi untuk merampas hak rakyat, kaya raya pada akhirnya, sudah menjadi kodrat Allah seberuntungnya orang yang lupa, lebih beruntung orang yang ‘menggila’ tidak ketahuan]

 

Tahun 2001 Masehi,

Album “Pada Suatu Ketika” Lagu Jaman Edan, oleh Sujiwo tejo.

Jamane, mas, Jaman edan

Edan tenan Jaman semana

Semune katon katingal kawistara

Jan-jane Jaman padudon

 

Jamane, mas, Jaman padudon

Padha  dene Jaman banjure

Banjir tangis banjir bandhang kang sinandang

Jamane, Jaman, wis Jamane

 

Heh manungsa padha sadulur

Padha sadulur ja pada tawur

Tarlen amung amemuji dha sing padha rukun

Rumeksa paseduluran tumrap ing bebrayan

Ja’ ngono aja ngono

Pokoknya tidak ngono lho

 

Transleterasi :

[ Zamannya mas, zaman ‘gila’, ‘gila’ benar masa itu, semuanya terlihat baik-baik saja, tetapi sebenarnya masa itu adalah masa peperangan.

Heh manusia sesama saudara, jangan pada tawur, semakin mangharap hiduplah yang rukun, menjaga persaudaraan dalam kehidupan bermasyarakat, janganlah begitu.

Zamannya jaman perkelahian, sama juga masa berikutnya, banjir tangis, banjir bandang yang melingkupi ,zamannya memang sudah ada pada zaman itu sendiri.]

Dari jaman ke jaman, sasmita Jaman Edan berkembang seiring perkembangan sosiografi dan animo masyarakat di jamannya masing-masing. Kerasnya jaman memang menjadi sebab lahirnya kritik pedas dan tegas dari masyarakat melalui karya sastra. Arah demokrasi kerakyatan yang berkembang dari jaman kerajaan hingga Jaman Kemerdekaan sampai jaman Demokrasi. Mari peka memaknai sasmita Jaman Edan.rdr